Indonesia Sukses Selenggarakan Sail Bunaken 2009

No. B.81/PDSI/HM.310/VIII/2009

 Indonesia Sukses Selenggarakan Sail Bunaken 2009

 Bersamaan dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-64, Indonesia telah sukses menyelenggarakan Sail Bunaken 2009. Kegiatan ini diikuti peserta fleet review dari 33 negara, 158 kapal yatch rally, terciptanya dua rekor selam massal dunia yang tercatat dalam Guinness Book of Record,serta simposium mengenai pengamanan perairan di Asia Tenggara dan penanggulangan IUU Fishing. Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi yang juga selaku Ketua Panitia Nasional Sail Bunaken 2009 menyatakan bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama menyelenggarakan Sail Bunaken 2009 di Manado, Sulawesi Utara, pada tanggal 12-20 Agustus 2009. Perhelatan akbar ini telah menunjukkan kepada dunia internasional, Indonesia sebagai negara bahari dan kepulauan terbesar di dunia. Dalam khasanah nasional menegaskan perlunya menempatkan sektor kelautan dan perikanan sebagai prime mover pembangunan nasional.

 

Sebagai kelanjutan dari World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) Summit 2009 Mei lalu yang berjalan lancar dan berhasil dengan baik, dengan dihasilkannya Manado Ocean Declaration (MOD) dan Leaders Declaration of CTI, maka kesuksesan penyelenggaraan Sail Bunaken 2009 ini dianggap menambah citra positif Indonesia dan berhasil menunjukan prestasi Indonesia di bidang olahraga dan wisata bahari, serta menggalang persaudaraan para pelaut (seaman brotherhood).

Dalam penyelenggaran Sail Bunaken, kegiatan yacht rally atau rally kapal layar ini diikuti oleh 163 kapal layar yang berasal dari 25 negara dengan peserta berjumlah 510 orang. Rally kapal layar ini memiliki rute mengelilingi pulau-pulau di Indonesia, dan menyinggahi 18 kota. Aktivitas ini merupakan rally kapal layar terbesar setelah Atlantic Rally. Mereka berasal dari berbagai benua Asia, Amerika, Afrika, Eropa, dan Australia. Terdapat dua macam rute, yakni yang berangkat dari Darwin, Australia pada tanggal 18 Juli yang lalu, kemudian masuk melalui Saumlaki, Maluku pada tanggal 21 Juli 2009. Sedangkan yang dari Kinabalu, pada tanggal 3 Agustus 2009, memasuki Indonesia melalui Tarakan di Kalimantan Timur, dan pada tanggal 12 Agustus memasuki Bitung, Sulawesi Utara bergabung dalam rangkaian Sail Bunaken 2009.

 

Dalam rangkaian Sail Bunaken 2009 juga dilaksanakan Upacara Bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI di bawah permukaan laut selama 30 menit di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara. Sebagai, dengan memadukan TNI AL, Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) dan Pemerintah Daerah Propinsi Sulawesi Utara, serta berbagai unsur lain. Upacara di bawah permukaan laut ini diikuti oleh 2.486 penyelam, sehingga berhasil menciptakan rekor dunia baru selam massal terbanyak “Guinness World Record”, dan memperbaiki hasil sehari sebelumnya ditempat yang sama, yaitu diikuti oleh 2.465 penyelam. Selama ini, yang terakhir sebelumnya oleh Maladewa tahun 2006 sebanyak 958 penyelam, di Thailand  tahun 2005 sebanyak 725 penyelam dan di Australia tahun 2004 sebanyak 600 penyelam. Disamping diikuti berbagai unsur sipil dan milter dari Indonesia, penyelaman tersebut diikuti 76 orang asing dari berbagai negara.

 

Puncak dari penyelenggaraan Sail Bunaken 2009 adalah fleet review dan sailing pass yang dilaksanakan di Teluk Manado pada tanggal 19 Agustus 2009. Dalam acara ini, sebanyak 33 negara ikut berpartisipasi dengan uraian peserta sebagai berikut: 31 kapal perang, 3 tallship, 42 kapal yatch, 15 kapal pemerintah, dan 40 kapal perikanan. Kegiatan yang dihadiri oleh Menteri Koordinasi Politik, Hukum dan Keamanan, Widodo AS mendapat sambutan meriah dari seluruh peserta dan masyarakat yang hadir memadati Pantai Manado, Sulawesi Utara.

 

Adapun mengenai seminar internasional yang diselenggarakan di Ritzy Hotel, Manado, terdapat dua macam seminar, yaitu yang membahas mengenai pemberantasan Illegal Fishing tanggal 15-16 Agustus 2009 dengan topik “Intensifying Action to Minimize Illegal Fishing”, dan bahasan mengenai perwujudan keamanan regional di Asia Tenggara pada tanggal 18 Agustus 2009 dengan topic “Building A Comprehensive Maritime Security in Southeast Asia Region”. Hadir dalam seminar tersebut 16 KASAL dari berbagai negara, di samping undangan lainnya termasuk dari lembaga internasional dan multilateral.

 

Selama tanggal 12 hingga 20 Agustus ini terdapat sejumlah agenda kegiatan pendukung yang telah dihadiri dan disaksikan oleh masyarakat, seperti semarak panggung kemerdekaan, pesta kembang api, pameran industri dan wisata bahari, festival budaya dan makanan, serta kirab kota.

 

Jakarta,    Agustus 2009

Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi

Sumber:www.dkp.go.id

~ oleh alumniaps pada Agustus 27, 2009.

2 Tanggapan to “Indonesia Sukses Selenggarakan Sail Bunaken 2009”

  1. alumni aps juga turut serta menyukseskan kegiatan tersebut dengan keikut sertaan 3 orang alumni(2 orang alumni angkatan VI dan 1 orang alumni angkatan VIII)..di tambah pula 7 orang taruna dalam event pemecahan rekor selam dan upacara kenegaraan bawah air di pantai malalayang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: