TEMU ALUMNI, UNTUK APA LAGI?

Akhir – akhir ini, di facebook sebagian alumni APS mulai mengingatkan komitmen untuk temu alumni atau reuni atau apapun namanya yang pernah disepakati pada tahun 2008 untuk dilaksanakan pada tahun 2012.
Kita semua patut memberikan penghargaan kepada mereka, betapa mereka – ditengah kesibukan hidup baru, keluarga baru, lingkungan baru – masih sempat memikirkan tentang kegiatan alumni, hal yang bisa jadi tidak terlintas sedikitpun dalam benak kita.
Mungkin sebagian alumni merasa saat ini terlalu dini membicarakan kegiatan 2012? Namun, berkaca dari persiapan temu alumni 2008 yang menurut saya belum sepenuhnya ideal, persiapan 1 tahun sudah hampir terlambat. Mungkin inilah kenyataan berharga yang harus menjadi pelajaran, bagaimana kita tertelan waktu yang terus berjalan, sehingga kita semua melewatkan 3 tahun nyaris tanpa berbuat apa – apa.

Arti Temu Alumni
Kalau memang nantinya temu alumni ”jadi” dilaksanakan pada tahun 2012, apa yang akan dibicarakan? Dan apa pula hasil yang diharapkan? Pertanyaan saya ini bukan berarti bahwa temu alumni tidak perlu lagi, meskipun sejujurnya dengan biaya yang cukup besar agak sayang juga kalau manfaatnya kurang terasa. Yang saya maksudkan dengan pertanyaan tadi adalah bahwa persepsi kita tentang temu alumni memiliki konsekuensi sendiri – sendiri bagi perjalanan Koral APS.
Kalau kita memandang temu alumni hanya sebagai ajang nostalgia, kangen – kangenan, dan mengingat masa – masa kebersamaan selama di APS, tentu kita tidak perlu lagi memikirkan sidang – sidang dan program kerja Koral APS, bahkan bisa jadi tidak diperlukan pemilihan pengurus pusat Koral APS. Tetapi, yang dibutuhkan cukup panitia penyelenggaran yang ad hoc sifatnya dan profesional kerjanya sehingga bisa memuaskan hasrat kita untuk bersenda gurau atau menyanyi bersama. Selesai acara, masing – masing tidak perlu memikirkan Koral APS kecuali nanti 4 atau 5 tahun lagi, kembali bertemu untuk bergembira bersama dalam temu alumni.
Hal yang berbeda, temu alumni kita jadikan ajang untuk bertukar pikiran dan gagasan – tentu tanpa meninggalkan jiwa kebersamaan – sehingga dalam satu sesi temu alumni kita mengevaluasi gerak Koral APS selama ini, merencanakan program untuk 5 tahun kedepan dan membentuk kepengurusan yang kuat dan solid. Kalau ini yang diharapkan, kegiatan aluni APS tidak hanya temporal 5 tahunan, tetapi selesai temu alumni semua alumni memiliki sense of belonging terhadap Koral APS dan berhasrat untuk terlibat dalam kegiatan yang sudah direncanakan. Kegiatan itu tidak harus skala besar atau membutuhkan dana yang besar, tetapi sebagiamana kata bijak, ”Bermimpilah yang besar – besar, mulailah dari yang kecil – kecil, kerjakan saat ini.”
Melihat dua kutub model temu alumni tersebut, dan kemungkinan variasi yang luas di antara keduanya. Rasanya kita perlu sekali lagi berfikir, mimpi apa yang ada di benak kita tentang alumni dan temu alumni yang akan kita selenggarakan 2012?
Bagaimana pendapat Anda?

*) Penulis adalah alumni APS 2003

http://opiniperikanan.wordpress.com

~ oleh alumniaps pada Januari 27, 2011.

Satu Tanggapan to “TEMU ALUMNI, UNTUK APA LAGI?”

  1. Usul agan2 alumni, mungkin temu alumni perlu mengundang seorang motivator, seorang pengusaha, dan seorang petinggi lingkup KKP(mungkin pak Dedy). Dibuat semacam seminar, dan dapat sertifikat. Lumayan tuk fungsional. Masalah biaya untuk narasumber bisa digalang dari sekarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: